Konsep Penting Kanal Ion

Sel harus menjaga polaritasnya dengan menjaga keseimbangan ion Na+ dan K+ di kompartemen luar dan dalam sel. Jika kanal ion Na+ membuka dan menyebabkan ion Na+ di luar dan di dalam sel berkurang. Karena ion Na+ bermuatan positif, maka dia akan menambah muatan postif di dalam kompartemen intrasel, sehingga perbedaan polaritas menjadi berkurang, misalnya yang semula -80 mV menjadi -40 mV.

Berkurangnya perbedaan polaritas pada membran sel antara intra dan ekstra sel ini disebut depolarisasi membran. Depolarisasi ini penting dalam penerusan potensial aksi sepanjang sel saraf karena depolarisasi dapat menyebabkan pembukaan kanal ion Na lainnya yang bertanggung jawab terhadap penerusan impuls saraf di sepanjang akson.

Secara normal, kanal ion K+ selanjutnya akan membuka dan menyebabkan kembalinya polaritas atau repolarisasi. Tetapi jika kanal K+ membuka secara berlebihan, maka ion K+ akan keluar, dan menyebabkan kompartemen di dalam sel semakin negatif sehingga perbedaan polaritas meningkat. Meningkatnya perbedaan polaritas ini disebut hiperpolarisasi membran.

Hiperpolarisasi juga dapat terjadi jika kanal Cl- di permukaan sel membuka. Ion Cl- yang bermuatan menjadi lebih negatif dan meningkatkan perbedaan potensial membran antara ekstrasel dan intrasel. Jika depolarisasi menyebabkan penerusan potensial aksi sepanjang sel saraf, maka hiperpolariasi menyebabkan penghambatan penerusan potensial aksi tersebut sehingga menghasilkan efek-efek depresi sistem saraf pusat.

Sumber

Ikawati, Z., 2005, Pengantar Farmakologi Molekuler, UGM Press

Silahkan tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: