chemokine signaling

Reseptor kemokin adalah reseptor protein-G yang mengandung domain transmembran 7 yang ditemukan pada permukaan leukosit. Sekitar 19 reseptor kemokin berbeda telah ditandai sampai saat ini, terbagi menjadi empat keluarga tergantung pada jenis kemokin mereka mengikat; CXCR yang mengikat kemokin CXC, CCR yang mengikat kemokin CC, CX3CR1 yang mengikat kemokin CX3C tunggal (CX3CL1), dan XCR1 yang mengikat dua kemokin XC (XCL1 dan XCL2) (anonim, 2012).

Reseptor kemokin mengasosiasikan dengan G-protein untuk mengirimkan sinyal sel berikut pengikatan ligan. Aktivasi protein G, oleh reseptor kemokin, menyebabkan aktivasi berikutnya dari sebuah enzim yang dikenal sebagai fosfolipase C (PLC) (anonim, 2011)

Pada video diatas, diterangkan terjadinya pensinyalan chemokin yang dibantu dengan reseptornya, yaitu reseptor chemokin untuk mengaktivasi GPCR melalui jalur adenilat siklase. Rangkaian peristiwa terjadinya signaling yaitu :
1. Pada bentuk inaktif, protein-G berada sebagai suatu trimer dengan GDP yang terikat pada subunit alpha, beta, dan gamma. pada kondisi ini subunit berada dalam satu kompleks.
2. Chemokine disertai reseptornya berikatan dengan GPCR, maka dimulailah proses signaling yang diawali dengan perubahan konformasi reseptor yang melibatkan daerah sitoplasmik reseptor, yang menyebabkan daerah sitoplasmik reseptor menjadi aktif terhadap protein G. selanjutnya, sebunit Galpha akan melepaskan GDP dan akan mengikat GTP (terjadi pertukaran GDP-GTP)
3. Penggantian GDP menjadi GTP menyebabkan perubahan konformasi pada subunit Galpha. subunit Galpha yang terikat dengan GTP tersebut kemudian terdisosiasi dari subunit beta gamma menjadi subunit akitif, yang akan mengaktifkan adenilat siklase (AC) memproduksi cAMP
4. Selanjutnya cAMP akan mengaktifkan PKA (cAMP-dependent Protein Kinase) yang akan mengkatalisis fosforilasi berbagai protein targetnya dan menimbulkan aktivitas. (Ikawati,Z 2006)

Anonim.2011.Chemokine-Receptors.http://www.news-medical.net/2011/health/Chemokine-Receptors-%28Indonesian%29.aspx.diakses tanggal 13 september 2012

Anonim.2012.Kemokin.http://bersamainonk.blogspot.com/2012/07/kemokin.html.diakses tanggal 13 september 2012

Ikawati, Z, 2006, Pengantar Farmakologi Molekuler , UGM Press, Yogyakarta.

nama : ines nur hendriani

nim : G1F011051

Silahkan tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: