Cytokine Signaling by the JAK STAT Pathway

Imroatul Kanza
G1F011017

Tirosin kinase adalah sebuah enzim yang dapat mentransfer fosfat dariATP ke protein dalam sel. Kelompok fosfat melekat pada asam amino tirosin pada protein. Reseptor tirosin kinase (RTK) adalah reseptor yang memiliki aktivitas kinase pada protein tirosin, yaitu mengkatalisis transfer fosfat dari ATP ke gugus hidroksil (OH) tirosin pada protein target. Contoh reseptor tirosin kinase adalah : Insulin R, IGF R tipe I, EGF (Djoko, 2010)

Reseptor sitokin merupakan salah satu anggota reseptor tirosin kinase yang tranduksi pensinyalannya melalui jalur Jak/STAT pathway. Sitokin adalah senyawa-senyawa endogen yang dilepaskan sel untuk saling berkomunikasi (cross-talk). Contoh sitokin adalah interleukin ( IL-1; IL-2, dst), tumor nekrosis alfa (TNF-α), interferon gamma ( IFN-γ), dll.

Transduksi signal reseptor sitokin melalui jalur JAK-STAT. Pada mulanya Jnus Kinase (JAK) dalam bentuk inaktif berasosiasi dengan reseptor sitokin baik tipe 1 maupun tipe 2 pada domain sitoplasma. Selanjutnya sitokin akan berikatan dengan reseptornya (Reseptor sitokin) dan akan menyebabkan JAK menjadi aktif. JAK yang aktif akan menyebabkan fosforilasi pada gugus tirosin (y) dan kompleks ikatan antara reseptor sitokin dengan molekul sitokin kemudian dapat diikat oleh protein STAT (signal transducer and activator of transcription). Peristiwa berikutnya, terjadi fosforilasi STAT dan dimerisasi STAT. STAT terdisosiasi dari reseptor dan akan mengikat bagian yang lain sehingga terjadi dimerisasi.  STAT dalam bentuk dimer ini kemudian masuk ke dalam nukleus dan akan menempati bagian promoter yang selanjutnya akan memicu transkripsi gen. Transkripsi gen tertentu akan mengarahkan pada ekspresi gen tertentu yang menginduksi sintesis protein tertentu, misalnya produksi antibodi IgE oleh limfosit, atau memicu respon seluler tertentu. Jalur JAK/STAT pathway oleh sitokin juga dapat  berperan dalam proses inflamasi sel

Daftar pustaka :
Djoko. 2010. Protein Reseptor tirosin kinase. http://id.shvoong.com diakses pada 3 Oktober 2012

One comment

  1. terimakasih…sangat membantu

Silahkan tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: