serotonin 5 HT-3

KHARISMA ADITYA RASYID

G1F011014

Deskripsi:

Dalam video itu menjelaskan dimana serotonin menempel ke reseptor 5ht-2a yang berada di korteks otak manusia yang menjadi abnormal pada skizoprenia, sama dengan 5ht-1a reseptor 5ht-2a juga terhubung dengan protein G sebagai eksitatori dan akan menstimulasi fosforilase c dimana akan meningkatkan pembentukan DAG dan IP3, fosforilase A2 juga teraktifasi dan melepaskan asam arkhidonat, peningkatan DAG dan IP3 meningkatkan konsentrasi Ca2+ dan mengaktifasi protein kinase, setelah itu K+ dan Clberjalan dengan normal, respon dari peningkatan kalsium(Ca2+) calmodulin masuk ke neuron untuk mengikat Ca2+ dan mengakibatkan efluks potasium dari sel menurun, sehingga impuls berjalan lebih lancar.

Reseptor serotonin nama lainnya adalah 5-hydroxytriptamine (5-HT3). Sedangkan serotonin merupakan neurotransmitter monoamin yang terlibat dalam berbagai penyakit yang cukup luas cakupannya, meliputi penyakit psikiatrik: depresi, kecemasan, skizoprenia, dan gangguan obsesif konfulsif; sampai migrain. Serotonin dijumpai di jaringan kardiovaskuler, sistem saraf perifer, sel darah, dan SSP.

Serotonin disintesis dari prekursornya triptofan dengan bantuan enzim triptofan hidroksilase dan asam amino aromatik dekaroksilase. Serotonin yang terbentuk akan disimpan di dalam vesikel penyimpanan prasinaptik dengan bantuan transporter monoamine vesicular (VMAT = vesicular monoamine transporter). Selanjutnya, jika ada picuan maka serotonin akan dilepaskan menuju celah sinaptik.reseptor-serotonin

Serotonin yang terlepas dapat mengalami beberapa peristiwa antara lain:

  1. Berdifusi menjauh dari sinaps
  2. Dimetabolisme oleh MAO (monoamine oksidase)
  3. Mengaktivasi reseptor presinaptik (reseptor 5-HT1A dan 5-HT1D, suatu autoreseptor
  4. Mengaktivasireseptor post-sinaptik
  5. Mengalami re-uptake dengan bantuan transporter serotonin presinaptik (SERT = serotonin transporter).

Pengambilan kembali serotonin ke dalam ujung pre-sinaptik oleh SERT (peristiwa re-uptake) merupakan mekanisme utama penghentian transmisi signal serotonin. Karena itu, obat yang dapat mengikat SERT dan menghambat re-uptake serotonin dapat memperpanjang aksi serotonin. Penyakit tertentu di mana kekurangan neurotransmitter serotonin, seperti depresi dapat diatasi dengan meningkatkan ketersediaan serotonin di tempat aksinya dengan cara menghambat re-uptake-nya.

Obat yang dimaksud tak lain adalah obat antidepresan golongan SSRI (selective serotonin re-uptake inhibitor). Fluoxetin masuk golongan obat ini, disamping fluvoksamin, paroksetin, dan sertralin. Ada juga sih obat anidepresan lain yang kerjanya hambat re-uptake serotonin, tapi kerjanya tidak selektif, dia juga menghambat re-uptake nor-epinefrin. Contoh obatnya yaitu golongan TCA (tricyclic antidepresan: amitriptriptilin, imipramin, nortriptilin, dan despiramin). ( ikawati,2005 )

Serotonin disekresikan oleh nukleus yang berasal dari rafe medial batang otak dan berproyeksi disebahagian besar daerah otak, khususnya yang menuju radiks dorsalis medula spinalis dan menuju hipotalamus. Serotonin bekerja sebagai bahan penghambat jaras rasa sakit dalam medula spinalis, dan kerjanya di daerah sistem syaraf yang lebih tinggi diduga untuk membantu pengaturan kehendak seseorang, bahkan mungkin juga menyebabkan tidur (Guyton 1997: 714).

Serotonin berasal dari dekarboksilasi triptofan, merupakan vasokontriksi kuat dan perangsang kontraksi otak polos. Produksi serotonin sangat meningkat pada karsinoid ganas penyakit yang ditandai sel-sel tumor penghasil serotonin yang tersebar luas didalam jaringan argentafin rongga abdomen (Martin,David .1987:364)

Sumber:

Guyton. (1997). Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. Jakarta: EGC

Ikawati, Z., 2005, Pengantar Farmakologi Molekuler, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta

Martin,David W,(et al) Biokimia, Harper’s Reviem of Biochemistry, alih bahasa Iyan Darmawan, EGC, Jakarta 1987

Silahkan tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: