Nicotin Receptors in the Brain

VIDYA NUR AGUSTINA
G1F011048

Deskripsi :

Ketika seseorang merokok, nikotin yang terkandung dalam rokok akan tersebar ke udara dalam bentuk butiran-butiran kecil tar bersama komponen-komponen asap tembakau lainnya. Setelah dihisap, nikotin memadat dengan cepat di alveoli masuk ke dalam aliran darah yaitu vena pulmonalis kemudian ke ventrikel kiri dan dipompa ke arteri-arteri seluruh tubuh hingga ke otak. Proses distribusi ini memerlukan waktu sekitar 10-20 detik. Di otak, terdapat sel-sel syaraf, maka nikotin ini akan dikeluarkan dari presinaptiknya dan menempel atau berikatan pada reseptor yang ada di posinaptik yaitu reseptor asetilkolin nikotinik. Reseptor asetilkolin nikotinik mempunyai beberapa tipe yaitu subtipe α4, β2, α3, β4, dan α7 tetapi reseptor α4 β2 jumlahnya paling banyak di otak dan berperan penting dalam menyebabkan adiksi nikotin. Setelah itu reseptor akan aktif dan terjadi depolarisasi yaitu kanal ion Na+ masuk dan ion Kkeluar. Maka terjadi penyampaian impuls, impuls akan dihantarkan di sepanjang neuron ke nukleus akumbens (NAc) untuk melepaskan dopamine dalam jumlah besar. Pelepasan dopamine akan menimbulkan berbagai efek reward yang dicari oleh perokok, antara lain timbulnya perasaan senang, relaksasi, mengurangi stress, meningkatkan konsentrasi, dan memperbaiki mood. Rasa nikmat (reward) ini akan menjadi motivator yang mendorong seseorang untuk terus merokok.

 

DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2012. Nikotin Farmakologi. http://www.news-medical.net/health/NicotinePharmacology %28Indonesian%29.aspx. Diakses pada tanggal 14 Desember 2012.

Anonim. 2011. Rokok dan Permasalahannya. http://www.pfizerpeduli.com/info_tips/content_detail/5/#marked.  Diakses pada tanggal 14 Desember 2012.

Ikawati, Zullies. 2006. Pengantar Farmakologi Molekuler. UGM Press. Yogyakarta

 

Silahkan tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: