Parkinsons Disease and Dopamine

Farah Maestri Diani
G1F011037

Jauh di dalam otak ada sebuah daerah yang disebut ganglia basalis. Jika otak memerintahkan suatu aktivitas (misalnya mengangkat lengan), maka sel-sel saraf di dalam ganglia basalis akan membantu menghaluskan gerakan tersebut dan mengatur perubahan sikap tubuh. Ganglia basalis mengolah sinyal dan mengantarkan pesan ke talamus, yang akan menyampaikan informasi yang telah diolah kembali ke korteks serebri. Keseluruhan sinyal tersebut diantarkan oleh bahan kimia neurotransmitersebagai impuls listrik di sepanjang jalur saraf dan diantara saraf-saraf. Neurotransmiter yang utama pada ganglia basalis adalah dopamin (Sodikin, 2010).

Dopamin adalah senyawa katekolamin uang penting pada otak mamalia, dimana ia mengontrl berbagai fungdi meliputi aktivitas lokomotor, kognisi, emosi, reinforcement positif, dan regulasi endokrin. Di perifer, dopamin turut mengatur fungsi kardiovaskuler, sekresi hormon, tonus pembuluh darah, fungsi renal dan motalitas gastrointestinal. Dopamin mempunyai peranan penting dalam otak, dan terlibat dalam beberapa penyakit otak misalnya Parkinson, skizofernia. Dopamin yang berlebihan dapat menyebabkan schizophrenia dan bila kekurangan dapat menyebabkan penyakit parkinson. (Ikawati,2006).

Pada kondisi normal, ketika dopamin dibutuhkan, sel saraf yang memproduksi dopamin mengisi dopamine packet yang ada didalamnya untuk diisi dengan dopamin. Packet ini membawa dopamin bergerak ke ujung sel saraf, membuka celas sinaps dan melepaskan partikel dopamin ke sinaps. Partikel dopamin menyeberangi sinaps dan bergabung dengan reseptor disebelah luar yang berdekatan. Sel penerima dopamin distimulasi untuk mengirim pesan sehingga dengan jalan yang sama pesan dapat menuju ke sel saraf berikutnya. Asetilkolin adalah sistem neurotransmiter lainnya yang bekerja dengan konjugasi sistem dopamin untuk menghasilkan gerakan yang pelan. Pada kondisi normal, dopamin pada substantia nigra bagian pars compacta berfungsi menghambat asetikolin pada striatum (bagian basal ganglia). Basal ganglia sendiri merupakan bagian dari sistem ekstrapiramidal, dan berperan untuk mengawali, memodulasi, dan mengakhiri pergerakan serta mengatur gerakan-gerakan otomatis. Jika asetikolin pada striatum dihambat, maka menyebabkan aktivitas GABA di striatum akan berkurang. GABA striatum berkurang menyebabkan peningkatan GABA di substania nigra. Selanjutnya, peningkatan aktivitas GABA tersebut akan meningkatan pengendalian syaraf di talamus dan kotek untuk mengatur gerakan. Pada sistem tersebut, posisi dopamin adalah pengendali utama yang akhirnya berfungsi dalam pengaturan gerakan (Nugroho, 2012).

Homeostatisnya, jika dopamin pada substansi nigra tinggi, asetikolin di striatum berkurang, GABA di substantia nigra meningkatkan, aktivitas syaraf di thalamus berkurang, menurunkan aktivitas gerakan tubuh. Kemudian, jika dopamin pada substantia nigra rendah, asetilkolin di striatum meningkat, GABA di substantia nigra berkurang, aktivitas syaraf di talamus meningkat, sehingga menaikan aktivitas gerakan tubuh. Kejadian tersebut berjalan bergantian (Nugroho, 2012).

Pada kondisi parkinson, terjadi penurunana syaraf dopaminergik pada substansi nigara bagian pars compacta, sehingga dopamin yang terikat pada reseptor menjadi lebih sedikit dan dampaknya, astelkolin di striatum meningkat, GABA di substantia nigra berkurang, aktivitas syaraf di talamus meningkat, sehingga rigditas atau kekakuan otot (Nugroho, 2012).

Daftar Pustaka

Ikawati, Z., 2006, Pengantar Farmakologi Molekuler, UGM Press, Yogyakarta

Nugroho, AE., 2012, Farmakologi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Sodikin, 2010, Penyakit Parkinson (Parkinson’s Disease). http://obatpropolis.com/tag/dopamin-dan-parkinson,   Diakses tanggal 15 September 2012

Silahkan tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: