Voltage Gated Channels and the Action Potential

RANI FEBRIYANTI  (G1F009068)

deskripsi

Kanal ion teraktivasi voltase (Voltage-gatted channels)

sesuai dengan namanya kanal yang satu ini diaktivasi oleh perubahan voltase  (potensial aksi), kanal ion jenis ini berespon terhadap adanya perubahan potensial membran . kanal akan membuka sebagai respons terhadap terjadinya depolarisasi ,dan akan menutup jika terjadi hiperpolarisasi.( ikawati,2008 )

depolarisasi adalah  peristiwa berkurangnya perbedaan polaritas pada membran sel antara daerah intrasel dan ekstrasel sedangkan hiperpolarisasi  merupakan peristiwa meningkatnya perbedaan polaritas pada membran sel antara daerah intrasel.

contohnya adalah kanal ion Na+ dan K+  pada sel saraf dan otot dan kanal Ca++ yang mengontrol pelepasan neurotransmiter pada ujung saraf presinaptik. (ikawati ,2008 ).

mekanisme nya adalah

Ketika sel membrane dalam keadaan istirahat membrane potensial,  gerbang aktivasi dari kanal ion sodium  terkativasi  voltase tertutup dan gebang inaktivasi terbuka. Kanal ion potassium teraktivasi voltase tertutup. Depolarisasi  dari stimulus yang membuat membrane potensial menjadi lebih positif, hal tersebut menyebabkan  kanal ion sodium teraktivasi voltasi mulai terbuka.pada awalnya banyak kanal sodium yang terbuka. Ion sodium menyebar luas ke membrane yang menyebabkan terjadilah depolarisasi. Kanal ion potassium teraktivasi voltase juga mulai terbuka namun bergerak secara perlahan.  Olehkarena itu depolarisasi terjadi dikarenakan banyaknya difusi ion sodium kedalam sel daripada difusi ion potassium yang keluar sel.  Sebagai membrane potensial yang mengalami pendekatan depolarisasi  maksimum,  gerbang inaktivasi dari kanal ion sodium  terkativasi voltase mulai tertutup dan terjadi penurunan ion sodium.  Kanal ion potassium tetap terbuka dan ion potassium melanjutkan proses difusi keluar dari sel.  Peningkatan ion potassium permeabilitasnya belrlngsung secara perlahan lebih lama dari waktu yang dibutuhkan untuk membawa membrane potensial kembali ke posisi istirahat.kehilangan ekstra ion potassium yang berlebih menyebabkan membrane potensial menjadi berkurang secara perlahan lebih negative dibandingakan posisi istirahat. Setelah kanal ion potassium teraktivasi voltase tertutup, transport aktif dari ion sodium dan ion potassium mulai membentuk kembali membrane potensial ke posisi istirahat .

pustaka

anonim,2012.kanal ion.http://denikrisna.wordpress.com/2011/04/07/kanal-ion/diakses tanggal 13 september 2012

Ikawati, Z., 2008, Pengantar Farmakologi Molekuler, UGM Press, Yogyakarta

Silahkan tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: