Metabolism of METHOTREXATE

INAS GHAUSANI

NIM G1F011012

METOTREKSAT

Metotreksat dulunya merupakan obat antikanker namun belakangan ini ditemukan potensi dari metotreksat untuk menghambat peradangan(inflamasi) secara spesifik. Karena kerja obat ini yang spesifik dalam menghambat terjadi inflamasi dan tidak menimbulkan efek samping seperti obat-obat golongna NSAID, maka obat ini dijadikan sebagai alternative obat dalam pengobatan rheumatid arthritis (Limanto,2012).

Mekanisme

Metotreksat yang masuk kedalam tubuh, kemudian akan diserap ke dalam sel. Methotreksat yang terserap kemudian akan dipecah menjadi adenosine. Dengan adanya penambahan jumlah adenisin melalui pemecahan methotreksat akan terjadi peningkatan jumalah adenosine didalam sel. Adenosine merupakan senyawa endogen yang diproduksi oleh sel dan jaringan yang bertanggungjawab terhadap stress fisik ataupun yang diakibatkan oleh metabolit, sehingga adenosine merupakan senyawa endogen yang berperan sebagai agen anti-inflamasi. Kemampuan methotreksat sebagai anti-inflamasi ditunjukkan dengan adanya gugusan adenine yang dilepaskan dari metotreksat (Limanto,2012).

Arthritis rheumatoid adalah suatu penyakit yang menyerang respon imunologi. Leukosit adalah bagian sistem imun tubuh yang secara normal dibawa ke sinovium dan menyebabkan reaksi inflamasi atau sinoviositis saat antigen berkenalan dengan sistem imun. Ketika terjadi arthritis rheumatoid maka akan menyebabkan inflamasi pada sel dimana kerja dari metotreksat adalah melawan atau menghambat pembentukan inflamasi (Anggi, 2010). Injeksi dari metotreksat akan mempengaruhi beberapa organ tubuh terutama pada ginjal sebesar 99% dan 67% pada hati. Setelah itu metotreksat akan melewati pembuluh darah dimana ketika sel darah menangkap gugus dari metotreksat, metotreksat akan berperan sebagai analog dari asam folat lalu bersaing dengan reseptor folat kemudian masuk ke jalur asam folat. Memasuki sel melalui mekanisme transpor aktif dan difusi terfasilitasi di dalam sel, ia diubah menjadi polyglutamate MTX oleh sintase folylpolyglutamyl. Polyglutamate MTX reversibel menghambat reduktase dihydrofolate tetapi juga menghambat enzim lainnya, terutama sintase timidilat dan 5-aminoimidazole-4-karboksamida ribonucleotide (Aicar) transformylase. Folat berkurang (tetrahydrofolate [THF]) yang terlibat dalam sintesis de novo dari prekursor purin dan pirimidin. Setelah itu mensintetis AMP dan GMP yang kemudian membentuk sintesis DNA dan RNA (Christian, 2009). Kemudian menyebabkan poliferasi sel atau perbanyakan sel. Sel darah terutama leukosit yang membawa metotreksat akan menghambat terjadinya inflamasi secara perlahan-lahan. Kemudian leukosit yang mengandung Polyglutamate MTX akan memetabolisme obat dengan respon yang maksimal. Selain itu efek samping dari metotreksat adalah GI stress dan hepatotoksik. Kontribusi dari efek samping lainnya yaitu mereduksi enzim Methylen Tetrahidrofolat Reductase (MTHFR). Enzim MTHFR berfungsi sebagai pemberi informasi mengenai banyaknya metotreksat yang terkandung dalam darah (Yudodiharjo, 2012). Menurut beberapa penelitian laboratorium dikatakan bahwa hasil kerja dari metotreksat untuk penderita arthritis rheumatoid sangat membantu dikarenakan strukturnya yg bersifat analog dengan asam folat sehingga dapat bersaing dengan reseptor folat.

 

Daftar Pustaka 

Anggi, Caesar, 2010,  Arthritis Reumatoid, http://caesar-anggi.blogspot.com/, diakses tanggal 19 Desember 2012.

Christian, Pagnoux, 2009, Mechanism of Action, Metabolism, and Pharmacology of Methotrexate , http://www.medscape.org/viewarticle/712891_2, diakses tanggal 19 Desember 2012.

Limanto, Kenny, 2012, Review Jurnal Kimia Medisinal Methotrexate Sebagai Obat Alternatif dalam Pengobatan Rheumatoid Artritis,  http://www.scribd.com/doc/70899057/Review-Kimia-Medisinal-Methotrexate-sebagai-obat-alternatif-dalam-pengobatan-rheumatoid-artritis, diakses tanggal 19 Desember 2012.

Yudodiharjo, Sri, 2012, Folat Pada Manusia, http://www.scribd.com/doc/106035567/Folat-Pada-Manula, diakses tanggal 19 Desember 2012.

 

 

Silahkan tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: