MAO Inhibitor

MAO adalah singkatan dari Monoamine Oxidase, suatu enzim yang bertanggung jawab memetabolisme neurotransmiter seperti serotonin, dopamin, epinefrin dan norepinefrin (NE). Obat golongan MAOI ini hanya bisa diperoleh dengan resep, biasa digunakan untuk terapi depresi, tapi ada satu obat yaitu selegelin yang digunakan untuk Parkinson’s Disease (PD).

Ada empat MAOI yang saat ini digunaan untuk mengatasi depresi yaitu:

  • Isocarboxazid (Brand name Marplan)
  • Phenelzine (Brand name Nardil)
  • Tranylcypromine (Brand name Parnate)
  • Selegeline (Brand name Emsam, a transdermal patch)

MAOI bekerja dengan cara mengikat enzim ini (MAO) secara efektif sehingga meningkatkan konsentrasi neurotransmitter yang pada gilirannya menyebabkan perubahan pada are-area tertentu dari SSP (sistem saraf pusat). Perubahan ini terbukti menghasilkan penurunan gejala yang berhubungan dengan depresi.

Penggambaran sederhana bagaimana MAOI bekerja sebagai berikut: Neurotransmiter anggap saja seperti tukang pos mental. Monoamine oxidase (MAO) seperti anjing besar penjaga yang besar dan menakutkan yang suka memakan tukang pos (neurotransmiter) tadi. Dengan demikian menghalangi tukang pos memberikan surat pada Anda.

MAOI seperti tulang berair besar yang bagus yang kita berikan kepada anjing untuk membuatnya sibuk dan terganggu sehingga tukang pos dapat melakukan pekerjaannya. Apakah itu masuk akal? Ini adalah sedikit lebih disederhanakan pastinya, namun memberikan Anda ide (atau harus saya katakan mekanisme aksi secara kasaran dari MAO inhibitor).

MAOI Bikin Masalah

Inhibitor MAO (MAOI) sebenarnya melakukan pekerjaan dengan baik yaitu mencegah MAO dari metabolisme neurotransmiter penting. Namun, mereka begitu efektif, sehingga mereka juga dapat membuat masalah, terutama dengan beberapa over-the-counter (OTC) obat flu dan makanan-makanan tertentu.

MAO Inhibitor efeknya adalah meningkatan norepinefrin (suatu konstriktor sangat kuat di darah). Penting bahwa pasien yang memakai salah satu produk MAOI TIDAK dianjurkan memakai obat-obatan lainnya yang berpotensi meningkatkan kadar norepinefrin jauh lebih banyak. List obat ini bersifat menaikkan norepinefrin juga. Konsekuensi dari kombinasi, dalam beberapa kasus, berakibat fatal. Obat tersebut termasuk:

– Pseudoephedrine (suatu nasal dekongestan,  tersedia sebagai obat bebas di apotek, sangat umum termasuk dalam obat flu)

– Fenilefrin (suatu dekongestan yang digunakan pada berbagai batuk / commond cold)

– Amphetamine atau dextroamphetamine (sering digunakan dengan resep, untuk mengobati ADHD)

– Naphazoline dan oxymetazoline (pada semprotan hidung)

– Isometheptene (bahan di Migranal obat resep)

– Methylphenidate (juga dikenal sebagai Ritalin)

– Meperidin (Demerol bahan dalam resep, untuk nyeri)

– Tetes mata dengan dekongestan juga harus dihindari.

Daftar di atas tidaklah komprehensif, tetapi mencakup beberapa penyebab yang paling signifikan. Pastikan untuk membaca label dengan hati-hati jika Anda sedang mengambil suatu MAOI. Berhati-hatilah tentang mengambil produk herbal yang mungkin memiliki stimulan di dalamnya. Karena risiko ini, inhibitor MAO tidak digunakan sesering saat ini dibanding masa lalu.

Makanan yang harus dihindari

Monoamine oxidase juga ada di saluran usus dan memecah substansi yang dikenal sebagai Tyramine. Tyramin yang seharusnya di pecah oleh MAO, namun karena ada Inhibitor MAO (MAOI) maka bisa mengganggu proses ini, dan akan memungkinkan sejumlah besar Tyramine (dari makanan atau minuman yang mengandung tyramine) untuk memasuki aliran darah dan berkontribusi ke urutan peristiwa yang bisa menimbulkan krisis hipertensi (torsado de pointes yaitu sangat dramatis, berpotensi fatal , elevasi tekanan darah).

Oleh karena itu, pasien inhibitor MAO secara tegas harus menghindari makanan dan minuman yang mengandung sejumlah besar tyramine. Berikut contohnya:

Keju dan daging masam
Daging asap atau daging acar
hati
teri
asinan kubis
avacado
pisang
peperoni
salami
raisons
Kafein harus digunakan dengan hemat
Hindari anggur, sherry, bir, dan minuman keras.

Catatan, pasien harus menunggu selama 14 hari setelah penghentian penghambat MAO sebelum mereka dapat dengan aman mengkonsumsi makanan ini.

Silahkan tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: