Prozac: Selective Serotonin Reuptake Inhibitor (SSRI)

Nama : Amalia Ulfa

Nim : G1F011001

Deskripsi

Para penderita depresi memiliki kadar serotonin yang rendah pada bagian otak, akibatnya mereka terkadang merasa gelisah dan tidak nyaman. Kondisi itu dapat diatasi dengan cara mengatur kadar serotonin pada otak dengan menggunakan obat-obatan. Serotonin merupakan bahan kimia neurotransmiter yang bertugas membawa sinyal dari satu sel syaraf ke sel berikutnya melewati suatu membran yang disebut membran sinaptik. Setelah serotonin diangkut ke ujung sel syaraf untuk kemudian dilewatkan membran sinaptik, sisa serotonin yang tertinggal dalam sel akan dipecah atau diserap kembali oleh sel. Serotonin dianggap bertanggung jawab terhadap beberapa hal penting misalnya tidur, nafsu makan & rasa nyaman (well-being).

Salah satu obat antidepresan yang dapat meangatasi masalah ini yaitu Prozac. Prozac merupakan salah satu merek obat untuk mengatasi depresi yang didalamnya berisi fluoxetin. Cara kerja Prozac adalah dengan menghambat penyerapan kembali serotonin oleh sel-sel syaraf sehingga kadar serotonin otak dapat dijaga. Selective Serotonin Reuptake Inhibitor atau Serotonin Reuptake Inhibitor Spesifik (SSRI) adalah kelas senyawa yang biasanya digunakan sebagai obat antidepresan dalam pengobatan gangguan kecemasan depresi, dan beberapa gangguan kepribadian (Bertram G.Katzung, 1998).

Dalam animasi ini menunjukkan bagaimana Prozac dapat meredakan depresi di otak. Prozac adalah antidepresan dari SSRI, atau selective serotonin reuptake inhibitor kelas SSRI, Prozac dapat meningkatkan tingkat kadar serotonin di otak. Dalam hal ini juga dapat digunakan untuk menggambarkan secara umum bagaimana neuron sel dapat berkomunikasi satu sama lain dan bagaimana neurotransmitter mengirimkan sinyal dari neuron satu ke neuron yang yang lain.
Beberapa orang yang mengalami depresi itu terjadi karena kekurangan serotonin yang dapat disebut juga dengan “suasana hati”. Nah, Serotonin Selective Reuptake Inhibitor (SSRI) ini lah yang nantinya akan dapat membantu memperbaiki ketidak seimbangan dengan meningkatkan suplai sendiri otak serotonin.

Pada animasi ini juga menunjukkan bagaimana Prozac bertindak sebagai inhibitor selektif Serotonin Reuptake Protein Transporter sehingga dapat mengurangi depresi diotak. Di otak, serotonin dikaitkan dengan transmisi pikiran dan perasaan. Pada orang sehat , konsentrasi optimal serotonin tersedia di sinaps. Ketidak seimbangan neurotransmiter ini memicu gejala emosional, seperti mood depresi, atau gejala fisik, seperti sakit dan nyeri.

Terlihat pada animasi ini lapisan yang berwarna biru merupakan struktur trans-membran dari kedua daerah pra dan pasca sinaptik (bagian atas dan bawah dari layar). Kemudian Massa berwarna merah di membran post synaptic merupakan reseptor serotonin. Terdapat pula protein membran lain juga disana. Depresi dapat terjadi ketika transporter serotonin protein (G-protein coupled reseptor, yang ditampilkan dalam massa berwarna putih di membran pra-sinaptik) yang memakan molekul serotonin sebelum ia memiliki kesempatan untuk mengikat reseptor pasca-sinaptik. Proses ini dikenal sebagai reuptake. Nah kerjanya Prozac ini nantinya dapat menghambat reuptake serotonin dengan menonaktifkan protein transporter tersebut. Akibatnya, molekul serotonin akan lebih banyak tersedia untuk reseptor pasca-sinaptik dan dengan demikian depresi diotak akan lega.

Daftar Pustaka
Katzung, G. Bertram, 1998. Farmakologi Dasar dan Klinik, Edisi keenam, EGC,Jakarta

One comment

  1. Ferry · · Reply

    waaaah informasi yang sangat bermanfaat bagi org seperti saya yg dengan gangguan panik.

Silahkan tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: