Mechanism of Action – Avastin (Bevacizumab)

Mechanism of Action – Avastin (Bevacizumab)

Nama    : Inne Rosalina Yunianti

NIM       : G1F011055

Reseptor VEGF merupakan target aksi obat bagi pengobatan kanker. Aktivasi rseptor VEGF akan memicu proses angiogenesis, yaitu proses pembetukan pembuluh darah baru disekitar tumor untuk menyuplai kebutuhan nutrisi. Penghambatan angiogenesis merupakan salah satu pendekatan terapi kanker, dengan cara menghentikan suplai darah ke tempat terjadinya tumor.

2

Pada awalnya, tumor muncul sebagai sebuah sel, yang kemudian tumbuh menjadi kanker dan mulai membelah, membentuk sel-sel kanker yang baru. Awalnya, sel-sel ini mendapatkan nutrisi dari pembuluh darah yang ada di dekatnya. Akan tetapi, karena sel terus membelah, maka sel yang berada di tengah menjadi berada jauh dari pembuluh darah, sehingga ia harus mempunyai pembuluh darah sendiri. Tanpa pembentukan pembuluh darah yang baru, tumor tidak akan bisa tumbuh lebih besar dari 1 milimeter.
Agar tumor dapat berkembang dan bermetastasis diperlukan pembentukan pembuluh darah melalui angiogenesis. Untuk proses angiogenesis tersebut antara lain diperlukan vascular endothelial growth factor (VEGF) yang merupakan peptida angiogenik yang sangat berpotensi dalam mengendali pengembangan hematopoietic stem cell dan pengubahan matriks ekstrasel. In vitro VEGF merangsang degradasi matriks ekstrasel dan proliferasi, migrasi dan pembentukan rongga pembuluh pada sel endotel pembuluh darah. In vivo mengatur permiabilitas dinding kapiler yang merupakan hal penting dalam proses awal angiogenesis.

ajhp505771.fig2

Sel kanker akan mengeluarkan VEGF dengan tujuan untuk membentuk pembuluh darah baru sehingga dapat mencapai sel kanker dan mensuplai nutrisi. VEGF ini akan berikatan dengan reseptor VEGF yang berada di permukaan pembuluh darah.

6218217_f520

VEGF yang berikatan dengan VEGFR akan menyebabkan dimerisasi reseptor, kemudian akan terjadi autofosforilasi tirosin. Selanjutnya tirosin yang terfosforilasi akan bertindak sebagai tempat ikatan berafinitas tinggi bagi suatu protein adaptor bernama Grb2 yaitu protein yang mempunyai SH2 domain, yang selanjutnya memicu aktivasi Ras. Ras adalah suatu protein yang termasuk GTPase monomerik, dan merupakan protein yang penting dalam transduksi signal dari reseptor melalui RTK(reseptor tirosin kinase). Aktivasi Ras terjadi melalui pertukaran GDP dengan GTP. Ras yang teraktivasi akan mengaktifkan Raf, suatu tirosin kinase seluler, yang selanjutnya akan memicu serangkaian peristiwa fosforilasi berurutan (kinase cascade) yaitu : MEK, ERK,dan faktor transkripsi. Faktor transkripsi ini yang akan masuk ke dalam nukleus dan mempengaruhi proses transkripsi gen yang berperan dalam proses proliferasi dan pertumbuhan sel, dalam kasus ini akan terbentuk pembuluh darah baru (angiogenesis). Terbentuknya pembuluh darah baru ini akan mensuplai nutrisi bagi sel kanker, akibatnya sel kanker akan terus berproliferasi (membelah) sehingga penderita kanker akan semakin parah.

Bevacizumab bekerja dengan mengikat EGF yang dikeluarkan oleh sel kanker agar tidak berikatan dengan EGFR di permukaan pembuluh darah sehingga tidak terbentuk pembuluh darah baru. Tidak terbentuknya pembuluh darah baru ini akan menyebabkan sel kanker akan kekurangan asupan nutrisi sehingga sel kanker tidak akan tumbuh menyebar.

DAFTAR PUSTAKA
Ganiswara, 1995, Farmakologi Dan Terapi edisi IV, UI, Jakarta
Guyton, Arthur C. and John E. Hall, 1997, Buku Ajar Fisiologi Kedokteran, Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta
Mutschler, Ernst, 1991, Dinamika Obat, Farmakologi dan Toksikologi, ITB, Bandung
Singgih, S. Amin, 2008, Makalah simposium: Apoptosis dan angiogenesis pada Glioma Otak, Departemen Ilmu Faal FKUI, Jakarta

Silahkan tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: