Ondansetron and Alcoholism

 

Nama : Abner Edy Sutjipto

NIM   : G1F011021

 

DESKRIPSI

Alkoholisme adalah gangguan yang ditandai oleh konsumsi berlebihan dan ketergantungan pada alkohol(Anonim,2012).

5-hydroxytriptamine (5-HT atau serotonin) adalah neurotransmitter yang merangsang reseptor yang berbeda pada saraf di usus, termasuk satu yang disebut reseptor 5-HT4.Stimulasi reseptor ini oleh 5-HT meningkatkan kontraksi otot di usus besar.Sebuah contoh dari sebuah obat percobaan yang mempengaruhi neurotransmisi usus tegaserod. Obat ini meniru efek dari 5-HT pada reseptor 5-HT4. Dengan demikian, karena meningkatkan kontraksi otot usus, tegaserod sedang diuji untuk efektivitas dalam mengobati sembelit-dominan IBS serta sembelit pada umumnya.(Anton et all, 1999)

Ondansetron adalah antagonis reseptor 5HT yang poten dan selektif. Pemberian obat-obat kemoterapi dan radioterapi dapat menyebabkan pelepasan 5HT ke dalam usus halus yang akan merangsang refleks muntah dengan mengaktifkan serabut afferen vagal lewat reseptor 5HT3. Ondansetron menghambat dimulainya refleks ini. Aktivasi serabut afferen vagaljuga dapat menyebabkan pelepasan 5HT3 dalam area postrema, yang berlokasi di dasar ventrikel keempat, dan ini juga dapat merangsang emesis melalui mekanisme sentral. Karenanya efek Ondansetron dalam penanganan mual dan muntah yang diinduksi oleh kemoterapi dan radioterapi sitotoksik ini disebabkan oleh antagonisme reseptor 5HT3, pada neuron yang berlokasi di sistem saraf pusat maupun di sistem saraf tepi. Pada percobaan psikomotor, Ondansetron tidak mengganggu kinerja. Ondansetron tidak mengganggu konsentrasi prolaktin dalam plasma.(Wahyudi,2012). Ondansetron mengurangi aktivitas saraf vagus , yang menonaktifkan pusat muntah di medulla obblogatta , dan juga blok reseptor serotonin di zona pemicu kemoreseptor . Ini memiliki sedikit efek pada muntah yang disebabkan oleh mabuk , dan tidak memiliki efek pada domain reseptor atau reseptor muskarinik (Jiang Hong et al, 2003)

Obat lain yang mempengaruhi neurotransmisi adalah ondansetron. Obat ini memblokir reseptor yang berbeda, reseptor 5-HT3, dan dengan demikian mengurangi kontraksi usus. Jadi, ondansetron (merek dagang = Zofran) telah efektif dalam mengobati diare-dominan IBS dalam penelitian awal. Ada obat yang merangsang reseptor lain, reseptor 5-HT1. Contoh obat jenis ini adalah Sumatripan (Imitrex) dan buspirone . Obat ini diyakini untuk mengurangi respon (sensitivitas) dari saraf sensorik untuk apa yang terjadi di usus. The 5-HT1 stimulator reseptor, bagaimanapun, belum diuji untuk efektivitas dalam IBS. Dalam penelitian pendahuluan, fedotozine telah ditunjukkan untuk memperbaiki gejala pencernaan fungsional. Mekanisme aksi fedotozine tidak diketahui, tetapi juga dapat bertindak dengan mengurangi kepekaan saraf sensorik(Davidson,1999).

PUSTAKA

Anonim, 2012, Alkoholism, http://www.kamuskesehatan.com diakses tanggal 23 desember 2012

Anton  RFMoak  DHWaid  LRLatham  PKMalcolm  RJDias  JK Naltrexone and cognitive behavioral therapy for the treatment of outpatient alcoholics. Am J Psychiatry 1999;156  1758- 1764PubMed

Davidson  DPalfai  TBird  CSwift  R Effects of naltrexone on alcohol self-administration in heavy drinkers. Alcohol Clin Exp Res 1999;23 (2) 195- 203PubMed

Jiang Hong-Ye et al, 2003,“Ondansetron: A Selective 5-HT3 Receptor Antagonist and Its Applications in CNS-Related

Wahyudi, Moch Yeni, 2012, Ondansetron. http://www.farmasiku.com, diakses tanggal 23 Desember 2012

One comment

  1. Ondansetron drug is used alone or with other medications to prevent nausea and vomiting caused by cancer drug treatment and radiation therapy. It is also used to prevent and treat nausea and vomiting after surgery. It will blocking one of the body’s natural substances that causes vomiting.

Silahkan tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: