Angiogenic receptors – VEGF, Rate My Science

KURNIA PUSPA HARLEYNDA

G1F011015

DESKRIPSI :

ANGIOGENESIS

Semua sel membutuhkan asupan oksigen dan nutrient dari pembuluh darah disekitarnya untuk tetap bertahan hidup. Setiap sel berada tidak jauh dari pembuluh darah agar asupan oksigen dan nutrient tetap terjaga. Setiap sel terletak tidak lebih dari 0,1 hingga 0,2 mm dari jarak difusi oksigen dari pembuluh darah. Dalam hal ini sel tumor juga membutuhkan asupan oksigen dan nutrient yang dibawa oleh darah melalui pembuluh darah untuk tetap tumbuh . Pada awalnya, tumor muncul sebagai sebuah sel, yang kemudian tumbuh menjadi kanker dan mulai membelah, membentuk sel-sel kanker yang baru. Awalnya, sel-sel ini mendapatkan nutrisi dari pembuluh darah yang ada di dekatnya. Akan tetapi, karena sel terus membelah, maka sel yang berada di tengah menjadi berada jauh dari pembuluh darah, sehingga ia harus mempunyai pembuluh darah sendiri. Tanpa oksigen dan nutrient  dari pembentukan pembuluh darah yang baru, tumor tidak akan bisa tumbuh lebih besar dari 1 milimeter atau hanya sekitar 100-300 sel.

Proses pembentukan pembuluh darah baru ini dikenal dengan angiogenesis. Angiogenesis adalah proses terbentuknya pembuluh darah baru dari pembuluh darah yang telah ada. Proses angiogenesis ini bermula ketika sel tumor menghasilkan dan mengeluarkan sejumlah secret yang berfungsi sebagai angiogenesis factor yang dikenal dengan Vacsular Endhotelial Growth Factor (VEGF). Vascular endothelial growth factor (VEGF)  merupakan peptida angiogenik yang sangat berpotensi dalam mengendali pengembangan hematopoietic stem cell dan pengubahan matriks ekstrasel. In vitro VEGF merangsang degradasi matriks ekstrasel dan proliferasi, migrasi dan pembentukan rongga pembuluh pada sel endotel pembuluh darah. In vivo mengatur permiabilitas dinding kapiler yang merupakan hal penting dalam proses awal angiogenesis.  Faktor pertumbuhan ini kemudian akan memicu untuk terjadinya pembentukan pembuluh darah baru disekitar sel tumor. Faktor-faktor inilah yang akan mengaktifkan reseptor pada permukaan sel-sel yang melapisi pembuluh darah yang ada disekitarnya.

Pada kaedaan normal, proses ini hanya terjadi dalam keadaan patologis. Angiogenesis terjadi di tubuh yang sehat untuk penyembuhan luka dan untuk memulihkan aliran darah ke sel-sel setelah cedera Dalam perempuan, angiogenesis juga terjadi selama siklus bulanan reproduksi (untuk membangun kembali dengan kandungan lining, untuk telur yang matang selama ovulation) dan selama kehamilan (untuk membangun tembuni, sirkulasi antara ibu dan janin).

Terdapat tiga jenis reseptor yang telah teridentifikasi , reseptor pertama dan kedua ditemukan pada pembuluh darah sedangkan reseptor yang lainnya terdapat pada pembuluh limfatik. pembuluh limfatik membantu peredaran cairan interstitial dari jaringan dan rute potensial yang terletak di sekitar sel-sel kanker. Sifat permeabilitas, serta pengendalian pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor berbeda dengan pada jaringan normal. Dibandingkan dengan pembuluh darah di jaringan normal, kapiler di tumor lebih besar permiabilitasnya sehingga lebih mudah ‘bocor’ disertai arus darah yang lebih lamban. Terjadinya proses angiogenesis menyebabkan sel tumor dapat tumbuh dan menyebar. Inhibitor dari proses ini merupakan target dari terapi terhadap penyakit kanker . peristiwa angiogenesis terjadi disebabkan ketika sel-sel tumor melepaskan vascular endothelial growth factors.

Beberapa reseptor vefg telah teridentifikasi dan terletak disekitar pembuluh darah pada saluran limfa. Pada pembuluh darah terdapat 2 jenis reseptor VEGF yakni VEGF1 dan VEGF2. Pada pembuluh darah VEGF A, VEGF B, dan PIGF akan berikatan dengan reseptor VEGF 1. Sedangkan VEGF A, VEGF C dan VEGF D akan berikatan dengan reseptor VEGF2. Reseptor VEGF 2 inilah yang memiliki peranan penting dalam proses angiogenesis. Pada sel endhotelium, VEGF C dan VEGF D yang akan berikatan pada reseptor VEGF 3 yang kemudian akan menstimuasi terjadinya angiogenesis limfatik.

Penempelan ligan pada reseptor mengakibatkan reseptor mengalami dimerisasi. Setelah mengalami dimerisasi,  aktivasi dari reseptor tirosin kinase ini selanjutnya akan mengakibatkan terjadinya autophosporilasi. Menurut Zulies (2006) autofosforilasi atau transfosforilasi adalah ketika dua reseptor terdimerisasi maka tirosin kinase akan saling memfosforilasi ujung C pada residu tirosin. Pada akhirnya akan terjadi transkripsi gen dan akan terbentuk pembuluh darah baru yang akan tumbuh di sekitar sel kanker yang nantinya akan menyuplai kebutuhan sel akan oksigen dan nutrient yang memungkinkan sel kanker untuk tetap tumbuh menjadi besar dan menyebar kebagian tubuh lainnya melalui aliran darah baru dengan permeabilitas yang lebih tinggi.

Antibodymonoklonal telah dikembangkan sebagai reflektif yang bertindak sebagai inhibitor yang hanya akan bekarja dengan cara berikatan dengan VEGF yang terlibat pada proses angiogenesis sehingga proses angiogenesis tidak akan terjadi . namun inhibitor ini tidak akan berikatan selain dengan vegf yang memiliki peranan penting dalam proses angiogenesis atau dengan kata lain penghambatan penempelan ligan pada reseptor VEGF yang disebabkan oleh ligan lainnya tidak dapat dihambat oleh senyawa ini.

Obat yang termasuk dalam kategori ini adalah antibodi anti-VEGF yang mengeblok reseptor VEGF dari berikatan dengan faktor pertumbuhan. bevacizumab, sebuah antibodi monoklonal yang pertama kali diterima FDA untuk antibodi anti-VEGF (Habib, tanpa tahun).

DAFTAR PUSTAKA

Habib. Tanpa tahun. Antikanker-Antiangiogenesis. http://habib.blog.ugm.ac.id/kuliah/antikanker-antiangiogenesis/. Diakses tanggal 24 Desember 2012.

Ikawati, Zulies. 2006. Pengantar Farmakologi Molekuler. UGM Press : Yogyakarta.

Silahkan tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: