Mekanisme aksi molekuler : Zolpidem tartrat

Novita Cahya Puspitasari

A. Deskripsi Obat

Zolpidem Tartrate (Edluar) tablet sublingual adalah hipnotis non-benzodiazepine kelas imidazopiridin dan tersedia dalam 5 mg dan 10 mg tablet kekuatan untuk administrasi sublingual. Secara kimiawi, zolpidem tartrate adalah N, N,6-trimetil-2-p-tolylimidazo [1,2-a] piridin-3-acetamide L-(+)-tartrat (2:1). Zolpidem memiliki struktur sebagai berikut .

‘Zolpidem tartrate adalah bubuk putih kristal yang sedikit larut dalam air, alkohol, dan propilen glikol. Zolpidem memiliki berat molekul 764,88. Masing-masing tablet Edluar mempunyai bahan aktif sebagai berikut : manitol, koloid silikon dioksida, silisifikasi mikrokristalin selulosa, natrium croscarmellose, sakarin natrium, dan magnesium stearat (Meda Pharmaceuticals Inc, 2013).

Edluar secara khusus diindikasikan untuk pengobatan jangka pendek insomnia ditandai dengan kesulitan dengan inisiasi tidur. Edluar diberikan 5 mg atau 10 mg tablet sublingual dirancang untuk pemberian oral. Dosis awal yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 10 mg sekali sehari segera sebelum tidur. Dosis harian total Edluar tidak boleh melebihi 10 mg. Dosis yang dianjurkan dari Edluar pada orang lanjut usia adalah 5 mg sekali sehari segera sebelum tidur. Edluar tidak boleh diberikan dengan atau segera setelah makan. Tablet sublingual harus ditempatkan di bawah lidah sampai hancur. Ini tidak harus ditelan dan tidak harus dengan air. Efek samping yang dapat terjadi antara lain : kantuk, pusing, diare, dan sakit kepala (Roth et al, 2008).

B. Mekanisme molekuer penyakit (singkat)

Insomnia adalah ketidakmampuan untuk mencukupi kebutuhan tidur baik kualitas maupun kuantitas. Jenis insomnia ada 3 macam yaitu insomnia inisial atau tidak dapat memulai tidur, insomnia intermitten atau tidak bisa mempertahankan tidur atau sering terjaga dan insomnia terminal atau bangun secara dini dan tidak dapat tidur kembali (Potter, 2005). Terdapat dua kelompok penyebab dari insomnia yaitu :

  1. Insomnia primer, yaitu insomnia menahun dengan sedikit atau sama sekali tidak berhubungan dengan berbagai stres maupun kejadian.
  2. Insomnia sekunder, yaitu suatu keadaan yang disebabkan oleh nyeri, kecemasan, obat, depresi atau stress yang hebat (Iskandar dan setyonegoro, 1985).

Pada pasien yang mengalami insomnia yang karena depresi berat terjadi peningkatan gelombang beta yang berkaitan dengan peningkatan aktivitas metabolik di kortek orbita frontal dan mengelukan kualitas tidur yang buruk, hal ini juga mendukung hipotesis mengenai hyperarousal. Pada pemeriksaan SPECT pada pasien insomnia primer, selama tidur NREM terjadi hipoperfusi diberbagai tempat yang paling jelas pada basal ganglia. Kesimpulan penelitian imaging mulai menunjukkan perubahan fungsi neuroanatomi selama tidur NREM yang berkaitan dengan insomnia primer maupun sekunder (Buysse, 2005).

C. Deskripsi target aksi obat

GABA merupakan neurotransmiter inhibitor utama di system saraf pusat mamalia dan terdapat pada hampir 40% saraf. Peran GABA sebagai neurotransmiter inhibitor didukung fakta bahwa penyakit saraf yang disebabkan karena adanya degenerasi saraf GABAnergik, contohnya : epilepsi, gangguan tidur, tardive dyskinesia. GABA disintesis dari glutamat dengan bantuan enzim asam glutamat dekarboksilase, kemudian didegradasi oleh GABA transminase menjadi α-ketoglutarat dan suksinil semiladehid (Ikawati, 2008).

Reseptor GABA terdiri dari 2 jenis : ionotropik (GABA-a) dan metabotropik (GABAb). Reseptor GABA-a terletak di postsinaptik cukup penting karena diamerupakan tempat aksi obat-obat benzodiazepin dan golongan barbiturat. Reseptor ini memiliki beberapa tempat aksi obat : benzodiazepin site, GABA site, barbiturat site, neurosteroid site. Reseptor GABA-a terhubung dengan kanal Cl (Ikawati, 2008)

D. Mekanisme aksi molekuler obat

Zolpidem Tartrate (Edluar) adalah hipnosis non – benzodiazepine sublingual kelas imidazopiridin. Zolpidem berinteraksi dengan kompleks reseptor GABA-BZ, ditemukan dalam sistem saraf otonom pusat dan perifer, dengan mengikat gamma – aminobutyric acid (GABA) reseptor di lokasi yang sama dengan benzodiazepin (FDA, 2013). GABA diikat mengakibatkan afinitas GABA terhadap reseptornya akan meningkat (Gambar 5). Kemudian kerja GABA akan meningkat, saluran ion Cl akan terbuka dan ion Cl akan banyak yang mengalir masuk ke dalam sel. Meningkatnya jumlah ion Cl menyebabkan hiperpolarisasi sel akibatnya kemampuan sel untuk dirangsang berkurang dan menimbulkan efek sedasi (Ikawati, 2008).

Daftar pustaka

Anonim.2009.http://www.pharmacytimes.com/publications/issue/2009/november2009/RxProductNews-1109 . Diakses pada tanggal 3 Desember 2013

Anonim. 2013. Zolpidem. http://sellaslifesciences.com/biopharma/pipeline-and-/zolpidem/. Diakses pada tanggal 3 Desember 2013

Buysse DJ. 2005. Insomnia. The Journal of Lifelong Learning In Psychiatry. 3(4) : 568-584.

FDA. 2013. http://www.centerwatch.com/drug-information/fda-approved-drugs/drug/1015/edluar-zolpidem-tartrate. diakses tanggal 1 Desember 2013

Ikawati, Z. 2008. Pengantar Farmakologi Molekuler. Gajah Mada University Press : Yogyakarta

Iskandar, Yul. Dan Setyonegoro, R Kusmanto. 1985. Psikiatri Biologik Vol III. Yayasan Dharma Graha : Jakarta

Jacob, T. 2008. http://www.pharmacology.us/Faculty/TijaJacob. Diakses pada tanggal 2 Desember 2013

Meda Pharmaceuticals Inc. 2013. Edluar (Zolpidem Tartrate) Highlights of Prescribing Information. Somerset, NJ 08873-4120

Potter, P.A, Perry, A.G. 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses, dan Praktik Edisi 4 Volume 2. Alih Bahasa : Renata Komalasari, dkk. EGC : Jakarta

Roth T, Hull SG, Lankford DA, Rosenberg R, Scharf MB. 2008. Intermezzo Study Group.  Low-dose sublingual zolpidem tartrate is associated with dose-related improvement in sleep onset and duration in insomnia characterized by middle-of-the-night (MOTN) awakeningsSleep . 1;31(9):1277-84

Silahkan tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: